Lifestyle

Mengenal Apa Itu Self Healing dan Cara Melakukannya

Saat ini sedang populer di kalangan masyarakat mengenai self healing yang bekaitan dengan kesehatan mental. Memang apa itu self healing? Jadi self healing merupakan proses penyembuhan diri sendiri karena luka batin yang mendalam. Luka batin ini cukup mengganggu emosi seseorang sehingga harus segera disembuhkan. 

Self healing sendiri dalam bahasa Inggris memiliki air penyembuhan diri sendiri. Setiap orang pastinya mengalami berbagai masalah sehingga menyebabkan kelelahan secara emosional. Adanya luka batin bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari karena bisa terjadi dalam waktu yang lama. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami luka batin hingga mengganggu emosi. Faktor tersebut seperti rasa cemas berlebihan, selalu merasa gagal, sedih ditinggal orang tua, dan berbagai masalah lainnya. 

Self healing menjadi solusi terbaik ketika seseorang mengalami gangguan psikologis. Luka batin ini sebenarnya bisa disembuhkan dengan cara yoga, meditasi, dan relaksasi pernapasan. Nah, dengan cara tersebut akan muncul emosi positif yang membuat hormon bahagia bekerja secara efektif. 

Cara Melakukan Self Healing Untuk Menyembuhkan Luka Batin 

Setelah mengetahui apa itu self healing, kini saatnya membahas mengenai cara penyembuhan luka batin secara mandiri. Selain dilakukan secara mandiri, kamu juga bisa memilih bertemu dengan psikologi. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa melakukan self healing. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini : 

Berbicara dengan diri sendiri

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan luka batin yaitu dengan berbicara dengan diri sendiri. Hal ini sangat efektif untuk menyembuhkan luka batin yang sudah lama terjadi. 

Kamu bisa bediri di depan cermin dan mencoba untuk berbicara jujur dengan diri sendiri. Di depan cermin kamu bisa melampiaskan semua perasaan buruk terhadap sesuatu. Setelah kamu memahaminya maka akan muncul rasa syukur kepada Sang Pencipta atas kehidupan yang sudah diberikan. 

Masa lalu perlu untuk dimaknai 

Setiap orang memiliki masa lalu yang berbeda-beda sehingga kamu perlu memaknainya. Masa lalu ternyata memiliki dampak besar terhadap kehidupan saat ini dan masa depan. Jadi adanya masa lalu membuat pikiran tidak tenang dan merasa terhantui. 

Mulai sekarang silahkan merubah masa lalu sebagai gambaran untuk diambil sisi positifnya. Hal ini bertujuan untuk proses penyembuhan dan dimaknai sebagai pelajaran masa depan. 

Me Time 

Me time merupakan waktu untuk diri sendiri. Biasanya masalah tidak kunjung selesai karena kehadiran orang lain. Jadi kamu bisa me time untuk membuat dirimu lebih rileks dan nyaman. 

Kamu bisa mencoba untuk meluangkan waktu sendiri tanpa memikirkan orang lain. Hal ini bertujuan untuk memulihkan kesehatan mental. Saat sendiri kamu akan merasakan bahwa kamu sendirilah yang menjadi pusat kehidupan dan orang lain hanya pelangkap kebahagian. 

Penyesalan sebagai kekuatan 

Pengalaman yang memalukan, kesalahan, dan penyesalan di masa lalu sering kali membuat kamu merasa tidak nyaman. Satu hal yang terjadi adalah pikiran yang berlebihan akan menyebabkan kamu mengalami kecemasan. 

Silahkan jadikan penyesalan ini sebagai kekuatan untuk perubahan yang lebih baik. kamu bisa abaikan berbagai pikiran negatif yang menghantui dengan melakukan hal-hal yang positif. 

Memilih berdamai dengan keadaan 

Ketika kamu mengalami peristiwa buruk pasti akan membekas dan membuat kamu marah. Dalam kondisi tersebut kamu bisa mencoba untuk berdama dan tidak menyalahkan diri sendiri. Silahkan terima semua yang sudah terjadi dan dijadikan sebagai pembelajaran yang berharga. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu self healing. Kamu bisa duduk dengan nyaman untuk menghembuskan napas dan menutup kedua mata. Lakukan pernapasan dengan suasana damai, dan menenangkan. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa membuat kamu lebih tenang dan berdamai dengan keadaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.