Uncategorized

Memilih Tetangganya Sendiri Untuk Usaha UMKM Itulah Ardhianto Hartono

Ekpedisi yang cukup sukses rupanya tidak membuat Ardhianto Hartono lupa akan lingkungan sekitarnya, bos Ninja Express yang usahanya kian melesat walapun di masa pandemi ini juga rupanya memiliki perhatian terhadap orang orang terdampak pandemi yang ada disekitarnya. Oleh karenanya dalam bisnis tas dan souvenir yang ia mulai bersama istrinya sejak november tahun lalu, ia lebih banyak memperkerjakan tetangga disekitarnya. “Saya memilih tetangga saya untuk usaha UMKM saya dengan tujuan menghidupkan ekonomi sekitar kita dulu, karena saya melihat banyak tetangga saya yang terdampak pandemi ini, selain itu juga dapat saling mempererat keakraban dengan lingkungan sekitar," demikian diungkapkan Ardhianto Hartono, Jumat (3/9/2021).

Ardhianto menceritakan bisnisnya tersebut diawali dengan kesukaan istrinya pada tas dan souvenir yang unik dan lucu, dari situ ia mencoba untuk memproduksi sendiri tas dan souvenir. Hingga kini ia telah memiliki kapasitas produksi hingga 60 ribu dalam setiap bulannya. “Untuk karyawan sendiri sekarang kami memperkerjakan sekitar 70 orang yang sebagian besar berasal dari tetangga sekitar, sedangkan untuk pemasaran menggunakan layanan media sosial yang cukup terbukti ampuh untuk menggenjot pesanan produk kami,” ujarnya. Meskipun Ardhianto masih belum memberi nama atau brand pada produk hasil produksinya dikarenakan menurutnya masih banyak pesanan yang merupakan custom dari segi model ataupun bahannya, namun hasil produksi dari pasangan suami istri ini sukses didistribusikan hingga berbagai kota di Indonesia.

Terkait dengan pandemi yang belum berakhir, rupanya bisnis tas dan souvenir milik Ardhianto ini rupanya sebelas dua belas dengan bisnis ekspedisinya, yang sama sama tidak terdampak dengan pandemi yang masih berkepanjangan ini. Pemilik akun instagram @ardhianto_ph ini berharap costumernya yang pernah melakukan order tas ataupun souvenir produksinya agar dapat melakukan pembelian kembali atau repeat order, karena ia menjamin kualitas produk yang ia produksi tidaklah murahan walaupun harganya terjangkau. “Untuk kedepannya saya ingin memperluas penjualan hingga ke seluruh Indonesia, dan ingin juga hingga bisa mengekspor keluar negeri, saya juga memiliki mimpi untuk membuat mini market UMKM, dimana didalamnya akan terisi produk produk hasil UMKM dan bermacam macam hasil kerajinan nusantara,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *