Bisnis

Manfaat Tes Psikotes Online Bagi Pihak Perusahaan

Proses pelaksanaan psikotes bukan hal baru lagi untuk proses rekrutmen tenaga kerja. Sekarang ini beberapa perusahaan telah menerapkan psikotes online. Sehingga akan membantu perusahaan melakukan screening pada proses rekrutmen.

Psikotes Online Adalah

Psikotes online adalah penggunaan alat tes digunakan untuk menilai kemampuan, permasalahan dan perilaku psikologis individu. Sehingga psikotes akan membantu memprediksi mengenai kelebihan dan kekurangan pada individu yang menjalani tes.

Jika di sekolah, tes psikologis akan membantu melihat potensi akademik, minat, motivasi serta gaya belajar yang sesuai. Tes ini bisa memberikan gambaran mengenai siswa secara keseluruhan. 

Seperti pada tes minat bakat jurusan kuliah akan membantu memberikan gambaran tentang mahasiswa secara keseluruhan. Gambaran yang terlihat antara lain mengenai:

  • Intelegensia
  • Minat 
  • Bakat 
  • Kepribadian

Sedangkan di tempat kerja, psikotes bisa menilai sejauh mana potensi serta kecocokan calon pegawai dengan posisi yang dilamar. Selain itu, psikotes juga bisa digunakan untuk proses evaluasi guna memenuhi syarat kenaikan jabatan.

Aspek-aspek yang akan diukur dalam proses psikotes, antara lain:

  • Kemampuan kognitif 
  • Kompetensi
  • Motivasi
  • Nilai
  • Kepribadian

Manfaat Penerapan Psikotes 

Zaman serba digital, begitu juga dengan pelaksanaan psikotes banyak mengalami perubahan. Berikut ini beberapa manfaat psikotes untuk perusahaan, antara lain:

Pekerjaan Lebih Efisien

Manfaat pertama menggunakan psikotes, yaitu tidak akan menghambat recruiter untuk melakukan tugas lainnya. Recruiter tidak akan melakukan uji kompetensi, sebab semua sudah dilakukan oleh aplikasi.

Meminimalisir Human Error

Selanjutnya, aplikasi psikotes akan membantu mengurangi risiko kesalahan. Sebab, ketika recruiter mengalami kesalahan dalam penilaian, maka akan memberikan dampak besar. Tentunya hal tersebut menjadikan penilaian tidak akurat.

Sehingga tidak menutup kemungkinan jika kandidat memiliki potensi bagus. Oleh karena itu, memanfaatkan aplikasi akan membantu melakukan pemeriksaan hasil yang akurat.

Praktis

Selain itu, psikotes menggunakan aplikasi lebih praktis. Sebab, biasanya aplikasi sudah menyediakan lengkap mulai dari panduan menjawab soal hingga penilaiannya. Salin itu, saat menggunakan aplikasi psikotes sudah lengkap dengan batas waktunya.

Pelaksanaan Bisa Jarak Jauh

Hal lain yang bisa perusahaan rasakan yaitu, proses pelaksanaan psikotes bisa berlangsung dari jarak jauh. Sehingga lebih memudahkan calon kandidat karena tidak perlu datang langsung ke perusahaan.

Menyesuaikan Posisi Pekerjaan

Tidak semua pelaksanaan psikotes cocok dengan posisi pekerjaan tertentu. Sehingga harus jeli dalam memilih psikotes serta deskripsi pekerjaannya. Jika menggunakan sistem online, maka dapat merangkai soal secara khusus dan menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Contoh Psikotes dalam Rekrutmen

Simak beberapa tes yang biasa digunakan dalam rekrutmen, antara lain:

Tes Kemampuan Kognitif

Untuk tes kemampuan kognitif ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang apakah relevan dengan konteks pekerjaan. Perusahaan bisa menilai kemampuan logika dan analisa, serta kemampuan persepsi dan memperhatikan detail.

Tes Potensi

Selanjutnya, tes potensi untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan kandidat untuk posisi pekerjaan tertentu. Kemampuan ini ditunjukkan dalam bentuk perilaku sesuai dengan kompetensi pekerjaan nantinya.

Tes Kepribadian

Salah satu tes yang sering digunakan oleh praktisi HR yaitu tes kepribadian. Tes personality ini dirancang khusus untuk menilai kecenderungan seseorang dalam hal bereaksi atau berperilaku.

Pada dasarnya, tes kepribadian ini tidaklah memiliki jawaban benar dan salah. Sebab akan menganalisa kecocokan seseorang dengans ebuah pekerjaan. Hal ini akan tergantung juga pada karakteristik pekerjaan tertentu.

 

Psikotes online banyak memiliki kelebihan jika digunakan untuk proses recruitment pekerja di sebuah perusahaan. Selain bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan, juga bisa menganalisa dengan akurat.




Leave a Reply

Your email address will not be published.