Bisnis

Manfaat Payment Gateway Bagi Sebuah Bisnis Di Indonesia

Sebetulnya, payment gateway itu banyak jenisnya. Ada payment gateway Indonesia seperti misalnya Midtrans dan ada juga payment gateway lainnya yang berasal dari dalam ataupun luar negeri.

Nah, terlepas dari banyaknya payment gateway. Ada beberapa manfaat dari adanya payment gateway di zaman teknologi digital seperti sekarang ini. Apa saja kira-kira manfaatnya?.

Manfaat Payment Gateway

Beberapa manfaat payment gateway yang perlu anda ketahui, kurang lebih adalah sebagai berikut:

Mempermudah Transaksi Online

Di jaman serba online ini, semua orang membutuhkan transaksi yang cepat dan bebas ribet. Jika dahulu untuk membeli suatu barang orang harus pergi ke swalayan atau supermarket. Sekarang, dengan satu dua kali jentikan jari di smartphone barang bisa langsung ada di depan anda dalam beberapa hari.

Selain kemudahan dalam pembelian barang, orang juga menginginkan kemudahan dalam hal pembayaran. Nah, dengan adanya payment gateway, pembayaran bisa jauh lebih cepat dan lebih mudah. Tanpa harus pergi ke ATM ataupun tempat lain, seseorang bisa membayar tagihan online hanya dari handphonenya.

Opsi Pembayaran Beragam

Terkadang seseorang memiliki beberapa akun untuk menyimpan uang secara digital, baik itu akun bank ataupun e-wallet.

Dengan menggunakan payment gateway orang bebas memilih apakah ia akan menggunakan akun bank, CC, E-wallet ataupun akun lainnya untuk membayar tagihan.

Jadi ini akan memudahkan kostumer ketika mereka hanya memiliki satu akun dana digital karena Payment gateway biasanya support dalam beragam akun pembayaran digital.

Transaksi Cepat

Seperti halnya pembayaran tunai, pembayaran secara online juga perlu dilakukan secara cepat agar costumer bisa melakukan hal-hal lain dalam kesehariannya ketimbang sibuk memikirkan bagaimana cara membayar sebuah tagihan.

Nah, payment gateway mendukung kecepatan dalam bertransaksi karena semua akun pembayaran ataupun penerima pembayaran akan dihubungkan secara otomatis pada masing-masing penerbit akun. Baik itu akun bank, dompet digital ataupun akun pembayaran lainnya.

Keamanan Terjamin

Tidak bisa dipungkiri, bahwa dunia digital rentan terhadap peretasan dan juga kejahatan cyber jenis lainnya. Namun, ketika menggunakan payment gateway anda tidak perlu khawatir dengan itu semua karena sistem telah terjaga dengan baik oleh keamanan yang berlapis dan juga verifikasi data.

Tidak ada Limit pada Transaksi

Jika anda ingin mengirim uang ke akun bank ataupun e-wallet terkadang ada batasan transaksi tertentu yang bisa dilakukan perharinya.

Di payment gateway, semua batasan transaksi terhapuskan dan anda bisa melakukan transaksi tanpa batasan. Namun, tentu saja semuanya tergantung kebijakan dari masing-masing vendor payment gateway.

Pertukaran Kurs Lebih Mudah

Ketika seseorang menerima transaksi uang dari luar negeri atau sebaliknya. Terkadang, perbedaan kurs antara mata uang 1 negara dan negara lainnya menjadi masalah.

Dengan payment gateway semua itu bisa terselesaikan karena biasanya layanan aplikasi akan mengkonversi uang secara otomatis sesuai kurs yang berlaku pada hari itu.

Bisa Transaksi Secara Massal

Selain beragam manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat lain dari payment gateway adalah adanya fitur yang memungkinkan bisa mengirim uang dalam jumlah banyak ataupun secara massal.

Di suatu waktu anda mungkin membutuhkan fitur semacam ini entah untuk mengirim uang gajian pada para karyawan ataupun hal lainnya. Yang jelas dengan fitur ini anda tidak perlu mengirim uang secara satu persatu. Hal itu tentu saja melelahkan dan dirasa kurang efektif.

So, itulah tadi artikel singkat tentang manfaat dari adanya payment gateway di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *