Uncategorized

Kiat dari Asnawi Mangkualam Bekarier di Luar Negeri, Persiapan Mental jadi yang Utama

Pemain asal Indonesia yang bermain di Korea Selatan, Asnawi Mangkualam, berhasil menyabet penghargaan individu. Penghargaan yang dimaksud yakni gelar pemain terbaik K League 2 edisi April 2021. Pemain Ansan Greeners ini mendapatkan predikat tersebut karena penampilannya yang cemerlang selama satu bulan terakhir.

Empat kali diturunkan sebagai starter sepanjang April menjadi buktinya. Puncaknya adalah ketika Ansan Greeners bertanding melawan Daejeon Hana Citizen. Pada duel yang terlaksana di pekan kedelapan K League 2 ini, Asnawi mampu menorehkan sebuah assist untuk memastikan kemenangan Ansan Greeners dengan skor 1 0.

Apa yang telah dilakukan Asnawi tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya jarang pemain asal Indonesia yang mampu cepat beradaptasi ketika bermain di luar negeri. Lebih lanjut, Asnawi pun mengungkapkan rahasianya bisa tampil ciamik di Korea Selatan.

Beberapa tips juga dilontarkan oleh mantan pemain PSM khususnya untuk pemain asal Indonesia yang berniat melanjutkan karier di luar negeri. Menurutnya, mental menjadi yang paling utama. Selain itu dukungan dari keluarga juga harus didapatkan.

"Yang aku siapkan mental," kata Asnawi kepada awak media termasuk BolaSport.com dalam sesi jumpa pers pada Selasa, (4/5/2021). "Orang tua selalu mendukung dan memotivasi," ujarnya. Tak berhenti sampai di situ, Asnawi menambahkan bahwa pemain juga harus membiasakan diri hidup jauh dari keluarga.

Pemain berusia 21 tahun berpendapat salah satu masalah yang sering dihadapi ketika bermain di luar negeri adalah rasa kangen akan keluarga di Indonesia. "Harus jaga mental karena dikhawatirkan kangen keluarga, kangen masakan Indonesia," ucap Asnawi. "Saya sudah mempersiapkan dari awal," tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.