Kesehatan

Ini Jenis Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ketika akan melahirkan atau bahkan sedang menyusui, sang ibu harus memperhatikan asupan makanan apa saja yang dikonsumsi, terutama untuk kebutuhan ASI bayi. Apapun yang dikonsumsi oleh ibu, akan mempengaruhi tumbuh kembang si bayi. Perhatikan makanan yang bergizi dan hindari tinggi gula serta tinggi lemak karena kandungan tersebut dapat memicu obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Untuk Anda yang masih menjalani program kehamilan atau mungkin baru saja akan berencana pergi ke klinik program bayi tabung, tidak ada salahnya mengetahui makanan apa saja yang harus dipersiapkan dan dikonsumsi oleh calon ibu.

Berikut ini beberapa daftar makanannya:

  1. Kacang-kacangan

Makanan pertama ialah kacang-kacangan karena jenis makanan ini mengandung zat besi, kalsium, zinc, serta vitamin B dan vitamin K yang bagus untuk kandungan ASI. Kacang-kacangan dipercaya sehat sebab mengandung sumber asam lemak esensial dan protein. Kacang-kacangan bahkan dianggap sebagai laktogenik, artinya makanan yang membantu meningkatkan produksi ASI.

  1. Sayur daun katuk

Mungkin beberapa calon ibu sudah sering mendengar rekomendasi sayur yang satu ini. Daun katuk dipercaya mengandung zat yang berperan penting untuk melancarkan ASI. Tak hanya itu, daun katuk juga mengandung protein, fosfor, kalium, zat besi, serta vitamin. Mengonsumsi daun katuk setiap hari aman untuk ibu menyusui, terutama selama ASI eksklusif. Dilansir dari Orami, ada sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Nutrigenetics and Nutrigenomics pada tahun 2010 yang telah membuktikan bahwa daun katuk mampu meningkatkan prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin berfungsi untuk fungsi fisiologis tubuh. Sedangkan hormon oksitosin diperlukan untuk memperlancar ASI yang sudah diproduksi.

  1. Kurma

Kurma mengandung segudang nutrisi untuk kandungan ASI. Manfaat kurma untuk ibu hamil adalah bertambahnya energi pada tubuh sehingga ibu hamil terbantu agar tidak mudah lemas. Selain itu, manfaat lainnya ialah dipercaya mampu memicu peningkatan hormon prolaktin. Kurma juga kaya akan kalsium dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Buah alpukat

Tahukah Anda bahwa buah alpukat merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi harian ibu hamil? Alasannya adalah karena buah alpukat mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal sehingga mempunyai manfaat untuk ibu hamil.

  1. Ikan dengan kandungan omega 3

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi macam ikan yang banyak mengandung omega 3, yakni seperti salmon, ikan kembung,  dan tuna. Namun dengan catatan, pastikan ikan yang Anda konsumsi sudah dalam keadaan benar-benar matang guna mencegah kemungkinan adanya bakteri pada ikan laut.

Itulah beberapa makanan yang memiliki kandungan bergizi untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Jangan lupa juga untuk hindari makanan-makanan tidak sehat  dan tidak bergizi agar tumbuh kembang janin maupun kandungan ASI dapat menunjang tumbuh kembang si bayi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.