Bisnis

Aplikasi UMKM- Buat Bisnis Rumahan Semakin Maju

UMKM merupakan usaha di bidang perdagangan yang secara langsung dikelola oleh badan usaha ataupun orang perorangan yang berhubungan dengan usaha ekonomi dan juga sudah sesuai dengan yang menjadi kriteria Pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Kini UMKM dapat dengan mudah dikembangkan dengan aplikasi UMKM.

Sebelum kita membahas tentang aplikasi umkm, tentunya kita wajib mengenal terlebih dahulu yang menjadi macam-macam usaha pada UMKM. Lalu apa sih yang menjadi perbedaan antara usaha mikro, kecil, dan juga usaha menengah. 

Usaha Mikro

Usaha mikro adalah usaha produktif yang merupakan milik perseorangan atau milik dari suatu badan usaha orang-perseorangan, dimana usaha tersebut sudah memenuhi macam-macam kriteria usaha mikro yang telah diatur sebelumnya dalam undang-undang.

Usaha Kecil

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan menjadi anak dari perusahaan atau bukan anak cabang dari perusahaan yang sudah berdiri, telah dikuasai, atau sudah jadi bagian secara langsung atau secara tidak langsung dari suatu usaha menengah atau dari suatu usaha besar yang telah memenuhi apa yang menjadi kriteria usaha kecil.

Usaha Menengah

Usaha yang merupakan sebuah ekonomi produktif, imana usaha ini berdiri secara mandiri dan dilakukan langsung oleh orang-perseorangan atau suatu badan usaha. 

Dimana badan usaha ini bukan suatu anak dari perusahaan atau cabang dari perusahaan yang telah dimiliki, telah dikuasai, atau sudah menjadi bagian secara langsung taupun secara tidak langsung dengan jumlah dari kekayaan yang bersih atau yang merupakan hasil dari penjualan tahunan.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi UMKM

Inovasi pada bidang teknologi mendorong banyak sekali peluang bisnis. Kabar baiknya adalah semua orang, termasuk usaha kecil, dapat menikmati inovasi teknologi saat ini. 

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa menunjang UMKM yang dapat memudahkan para pelaku pengusaha seperti Anda dalam mengelola usaha yang Anda miliki dna sedang Anda kelola. 

Aplikasi untuk UMKM yang berbasis layanan yang bisa manajemen keuangan diperlukan untuk bisa memahami semua aspek bisnis, memantau semua aktivitas keuangan, penjualan, pembayaran, dan bahkan perhitungan yang terkait dengan keuntungan dari operasi bisnis. 

Adanya aplikasi bisnis tentunya memiliki fitur-fitur yang menarik untuk mengembangkan bisnis Anda. Fitur-fitur ini memberi pengguna berbagai manfaat. Apa keuntungan ini? Lihat di bawah! 

1. Sederhanakan tampilan toko digital Anda 

Tampilan toko digital yang bisa menarik orang lain menjadi nilai tambah bagi pemilik bisnis baru. Tetapi pionir bisnis sering kekurangan keterampilan visual. 

Belum lagi terbatasnya biaya menyewa penyedia jasa visual. Semakin menarik citra perusahaan Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk menarik para pelanggan baru. 

Membuka suatu bisnis secara online tidak lagi sulit saat ini karena Anda memiliki akses pengetahuan seperti cara mengambil gambar lucu misalnya, jika bisnis Anda di bidang usaha kuliner, Anda dapat menggunakan jasa layanan dari GoFood. 

Tampilkan semua gambar-gambar menarik dari hidangan makanan dan juga minuman yang sedang Anda jual. Semakin menggiurkan produk Anda, semakin menarik perhatian konsumen. 

2. Kelola keuangan dengan lebih realistis 

Memiliki bisnis tentu punya banyak sekali hal yang harus Anda urus. Dengan aplikasi UMKM, Anda tentu bisa dengan cepat menyelesaikan pekerjaan Anda dalam satu aplikasi. 

Manajemen keuangan juga lebih nyaman karena semuanya tersedia di satu platform pusat. Kelola catatan keuangan, kelola produk, dan analisis penjualan dari satu aplikasi. Ini lebih nyaman daripada memasukkan keuangan usaha Anda secara manual, karena tentu saja akan ada risiko kesalahan dari manusia yang jauh  lebih tinggi. 

3. Bisa Menerima pembayaran baik tunai dan non tunai 

Salah satu yang menjadi fitur paling menarik dari suatu aplikasi untuk UMKM adalah kemampuan jasa layanannya untuk bisa menerima pembayaran baik secara tunai dan juga non tunai. 

Apalagi, saat ini semakin banyak sekali pelanggan yang mulai beralih ke layanan pembayaran secara digital. Memperkenalkan pembayaran tanpa uang tunai ini akan membuat bisnis Anda berjalan lebih lancar. 

Nah diatas merupakan informasi lengkap terkait aplikasi UMKM yang tentunya bisa menjadi sarana informasi tambahan bagi Anda pelaku UMKM. Jangan lupa untuk selalu belajar, agar usaha Anda berjalan dengan sangat lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *