Kesehatan

A to Z Tentang Asam Urat, Mulai dari Bahaya Hingga Pencegahannya

Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang banyak mengintai orang berusia lanjut. Meski begitu, bukan tidak mungkin bila penyakit ini menyerang remaja atau dewasa usia produktif. Untuk bisa menghindari segala bentuk buruk dari dampak penderita penyakit ini, mari simak apa saja yang perlu diperhatikan.

 

Pernah Berfikir, Kenapa Disebut Penyakit Asam Urat?

Sudah banyak dari Anda yang mengenal istilah asam urat ini, entah itu karena pernah melihat penderita di rumah sakit, orang sekitar maupun hanya sekilas melihat di iklan televisi. Namun, pernahkah Anda berfikir, kenapa disebut sebagai penyakit asam urat? Hal ini terjadi karena kadang asam urat yang berlebih akan menimbulkan kristal urat yang bisa menjadi sebab peradangan. 

Selain peradangan, penyakit ini akan menimbulkan bengkak. Lebih parah, jika terjadi pada persendian maka akan mengganggu aktivitas gerak Anda. Sebetulnya, asam urat ini jika kadarnya tepat, akan sangat baik bagi tubuh.

Seberapa Bahaya Penyakit Asam Urat

Mungkin bagi sebagian orang ada yang menganggap bahwa penyakit ini hanya penyakit biasa yang tidak akan memberi dampak berbahaya. Sayangnya, penyakit peradangan ini bisa menimbulkan bahaya lain selain rasa sakit serta bengkak yang ditimbulkannya. Berikut 3 bahaya yang bisa timbul lainnya.

Membuat Ginjal Bekerja Lebih Keras

Kadar berlebih dari asam urat akan memberikan proses lebih pada kerja dari ginjal. Hal ini membuat ginjal harus bekerja ekstra untuk bisa memprosesnya.

Peradangan pada Sendi

Kristal urat yang menggumpal di sendi bisa menyebabkan peradangan dan juga bengkak. Soal ini, jangan ditanya tingkat nyeri dan sakitnya. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan masalah teknis pada gerak tubuh tersebut.

Bisa Menimbulkan Batu Ginjal

Selain di sendi, kristal tersebut juga bisa timbul di ginjal. Jika sudah begini, hal menakutkan yang mungkin terjadi adalah bisa menyebabkan batu ginjal. Karena tentu akan mengganggu fungsi ginjal.

Cara Mencegah dan Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat, meskipun terdengar berbahaya dan menyeramkan, namun masih bisa untuk dicegah serta bila terlanjur teridap masih bisa untuk diobati. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan. 3 hal berikut mungkin yang paling krusial untuk bisa mencegah serta Mengobati penyakit asam urat.

Pola Hidup Sehat

Hal pertama yang dilakukan untuk pencegahan adalah dengan membiasakan diri untuk memulai hidup sehat. Terdengar mudah, tapi dalam praktiknya dibutuhkan komitmen serta konsistensi. Jika Anda berpikir telat untuk memulainya, selalu ingat pepatah yang menyebut bahwa better late than never (lebih baik telat daripada tidak sama sekali).

Hindari Makanan yang Mengandung Zat Purin Tinggi

Ada banyak daftar makanan yang mengandung zat purin cukup tinggi seperti makanan laut, sayuran hijau, jeroan hewan, serta kacang-kacangan. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan penyakit ini muncul.

Obat Anti Inflamasi Sesuai Anjuran Dokter

Jika sudah terlanjur mengidapnya, segera periksakan diri ke dokter. Minta anjuran obat yang sesuai. Rutin lakukan kegiatan yang menyebarkan dan minta rekomendasi makanan yang bisa menyembuhkan atau paling tidak yang tidak memperburuk keadaan.

 

Masih ada banyak hal lagi yang bisa Anda ketahui tentang asam urat. Hal penting yang selalu Anda ingat adalah bahwa semua penyakit ada obatnya dan pencegahan paling bijak adalah dengan memulai gaya hidup sehat dan seimbang. Itulah hal mulai dari definisi hingga pencegahan dari penyakit yang sering ditemui pada lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *