Otomotif

4 Tips Membersihkan Kabin Mobil

Siapa sih yang tidak senang berkeliling kota menggunakan mobil baru yang belum lama dibeli dengan dengan memanfaatkan promo Xpander untuk proses kreditnya? Apalagi kabin mobil baru biasanya mengeluarkan aroma yang khas dan biasanya banyak orang yang menyukainya. Sebab menunjukkan bahwa mobil benar-benar masih baru keluar dari pabrikan.

Namun sayangnya, aroma mobil baru tersebut kadang berganti menjadi aroma kurang sedap akibat kebersihan kabin yang tidak terjaga. Bahkan meskipun sudah menggunakan pewangi mobil, aroma kabin tetap saja berbau tidak sedap.

Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, tidak perlu bingung karena ada beberapa cara untuk membersihkan kabin secara mudah, yaitu:

1.      Gunakan Vacuum Cleaner

Untuk mendapatkan hasil bersih yang maksimal, Anda bisa gunakan vacuum cleaner mobil saat membersihkan bagian lantai dan jok mobil. Langkah pertama, Anda singkirkan dulu barang-barang maupun aksesoris yang ada pada mobil untuk mempermudah kegiatan bersih-bersih mobil.

Selanjutnya, Anda bersihkan bagian-bagian mobil yang bisa dijangkau termasuk kolong jok, bagian dalam laci, celah kabin, dan lipatan jok mobil. Sebelum membersihkan mobil, jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan untuk perlindungan diri.

2.      Gunakan Lap Microfiber

Langkah berikutnya, gunakan lap microfiber higienis untuk membersihkan kabin mobil berpermukaan halus seperti bagian setir, dashboard, plafon, dan permukaan halus lainnya.

Untuk membersihkan noda membandel, Anda bisa menggunakan alat bantu sikat halus, sedikit air, dan detergen pembersih mobil. Bersihkan bagian tersebut secara perlahan agar tidak merusak lapisan permukaannya. Setelah itu, keringkan permukaan mobil yang sudah Anda bersihkan tadi menggunakan lap kering.

3.      Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan kabin mobil dari kotoran dan noda membandel. Alangkah baiknya, gunakan cairan pembersih atau interior cleanser yang bebas dari komposisi bahan kimia berbahaya baik untuk manusia maupun untuk ketahanan interior mobil Anda.

Kesalahan dalam menggunakan interior cleanser akan berpotensi merusak permukaan kabin yang rentan seperti jok, dashboard, hingga plafon. Agar lebih aman, gunakan saja cairan pembersih yang tidak mengandung alkohol berkadar tinggi dan menggunakan bahan dasar air (water-based).

4.      Bersihkan Sela-Sela Sistem Pendingin

Saat membersihkan kabin mobil, jangan lupa bersihkan sistem pendingin (AC) menggunakan sikat halus, kuas kecil, atau cotton bud untuk menjangkau celah-celah sempitnya.

AC mobil merupakan sistem pendingin dan  sirkulasi udara pada interior mobil. Di dalam AC, tentu ada banyak kotoran dan debu yang terperangkap terutama pada bagian filter atau kisi-kisinya. Jika bagian filter AC-nya sudah tidak berfungsi, segera ganti dengan filter AC baru.

Bagaimana, mudah bukan? Selain untuk membersihkan kabin yang sudah terlanjur kotor, cara di atas juga bisa diterapkan untuk menjaga kebersihan kabin jika dilakukan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.