Bisnis

4 Strategi Pertahankan Bisnis Salon di Tengah Situasi Sulit

Tak selamanya bisnis salon rambut maupun salon kecantikan terus menghasilkan jumlah keuntungan yang stabil. Ada kalanya Anda sebagai pemilik salon menemui kendala seperti menurunnya penjualan salon pada periode tertentu. Seperti di tengah pandemi yang merupakan situasi sulit bagi banyak bisnis salon kecantikan.

Demi menghadapi situasi sulit, Anda harus punya strategi agar bisnis salon tak berujung gulung tikar. Berikut tips mempertahankan bisnis salon di situasi sulit yang bisa Anda lakukan.

Buat Promo Spesial

Untuk mengundang pelanggan ke salon Anda, buatlah promo spesial selama menjalakan bisnis salon di situasi sulit. Kamu bisa memberikan diskon untuk berbagai perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan rambut seperti potong rambut dan creambath, manicure/pedicure, hingga body spa.

Anda bisa membuat skema diskon di waktu yang tidak ramai seperti saat hari kerja dari pagi hingga siang. Buat juga promo menarik seperti skema refer a friend. Jika pelanggan berhasil mengajak teman untuk mendapatkan perawatan salon akan mendapatkan diskon spesial.

Ciptakan Perawatan atau Tampilan Salon yang Baru

Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat perawatan dan tampilan salon yang baru. Jika sebelumnya Anda memiliki perawatan hair spa dan coloring, coba buat jenis perawatan baru yang banyak diminati atau sedang tren. Misalnya hadirkan perawatan perming yang sedang tren di kalangan artis Korea.

Saat salon Anda sepi pelanggan, Anda bisa merenovasi salon agar lebih menarik. Misalnya dengan mengganti cat hingga membuat ruang tunggu yang nyaman dan instagramable.

Buat Program Menarik Selain Penjualan Layanan Salon

Pernahkah berpikir out the box untuk menggaet pelanggan ke salon Anda? Selain memberikan promo, Anda juga bisa membuat ragam program menarik untuk mengenalkan salon Anda ke calon pelanggan baru atau mengundang pelanggan lama tergugah kembali ke salon Anda.

Adapun program yang bisa Anda buat adalah kelas online seputar perawatan kecantikan. Misalnya buat kelas online cara merawat rambut berwarna agar tak cepat pudar.

Fokus ke Digital Marketing

Di situasi sulit yang membuat waktu luang Anda makin banyak, sebaiknya buatlah strategi digital marketing dan mengoptimalkan kata pencarian di internet. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan informasi mengenai salon Anda di internet seperti Google sudah tepat meliputi nama salon, alamat, dan nomor telepon.

Anda juga harus memaksimalkannya dengan memiliki aplikasi salon Zenwel. Sebagai software klinik kecantikan dan kebugaran nomor satu di Indonesia, Zenwel mendukung bisnis Anda berjalan pada era pandemi ini. Anda bisa mengatur jadwal temu atau kemudahan booking online para pelanggan agar lebih praktis. Bila bisnis salon kecantikan Anda memiliki pelayanan service at home pun, Anda bisa mengatur janji temu bersama pelanggan setia.

Tunggu apa lagi, nikmati fitur reservasi online yang memudahkan pendataan jadwal pelanggan salon kecantikan mulai sekarang. Segera daftar sekarang untuk menikmati semua fitur premium Zenwel dengan biaya murah meriah hanya dua ribuan per hari. Jika tertarik tahu lebih lanjut, coba saja gratis guna mendapatkan gambaran fitur yang bisa meningkatkan penjualan usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *